Langsung ke konten utama

Pendidikan dari Kacamata Saya

Bagi saya, pendidikan sangat penting, terutama dalam kehidupan saya pribadi. Pendidikan telah mengubah banyak hal di diri saya, baik di dalam maupun di luar diri.

Mungkin saya belum berhasil menjadi orang yang sangat hebat, terkenal, dan luar biasa. Saya belum sampai menjadi rektor universitas kelas dunia, pemimpin perusahaan raksasa, pemimpin partai besar, penemu rumus-rumus spektakuler, pencipta teknologi canggih, pencipta lagu-lagu popular, pengarang buku best seller, atau tokoh-tokoh hebat lainnya. 

Tapi setidaknya, berkat pendidikan yang telah saya jalani selama lebih dari separuh kehidupan ini, saya sudah berhasil mengubah banyak hal-hal kecil di dalam kehidupan saya pribadi.

Bagi saya, perubahan merupakan hal yang sangat penting. Saya merasa hidup ketika merasa ada yang berubah, terutama di dalam diri saya. Tentunya perubahan itu terjadi ke arah yang lebih baik. Tidak perlu perubahan besar, perubahan kecil pun tetap bermakna. 

Di antara banyak perubahan kecil yang telah saya alami, perubahan yang paling berkesan terutama perubahan sikap. Dulu saya penakut, sekarang menjadi sedikit lebih pemberani. Dulu saya pemalu, sekarang menjadi sedikit lebih percaya diri.

Selain itu, pendidikan juga telah memberikan saya kesempatan untuk memuaskan rasa ingin tahu tentang diri sendiri dan lingkungan sekitar. Entah kenapa, banyak sekali pertanyaan yang terlintas di benak saya dari dulu hingga sekarang. Semuanya memaksa saya untuk mencari tahu. Kesempatan pendidikan yang saya peroleh sampai sejauh ini, telah banyak membantu memuaskan rasa ingin tahu itu sekaligus mengobati dahaga atas ilmu pengetahuan baru.

Buku “Pendidikan Sains dan Teknologi: Transformasi sepanjang masa untuk kemajuan peradaban” yang diterbitkan pertengahan tahun 2020 merupakan ekspresi dari hasil pencarian yang telah saya jalani. Dalam buku itu, saya membagikan hasil pencarian yang telah saya lakukan selama bertahun-tahun tentang gambaran dunia ini, bagaimana semuanya berlangsung, bagaimana cara membuatnya menjadi tempat yang lebih baik, dan apa yang bisa kita lakukan agar kehadiran kita bermakna bagi kelangsungan kehidupan di bumi ini.

Karena saya merasakan pentingnya pendidikan bagi hidup saya, melalui buku itu saya berbagi pandangan sekaligus mengajak semuanya untuk berperan dan berkontribusi dalam memajukan dunia pendidikan. Menurut saya, kemajuan suatu masyarakat, bangsa, negara, atau peradaban manusia sangat ditentukan oleh kualitas pendidikannya. Kualitas pendidikan ditentukan oleh semua elemen di dalam masyarakat, bangsa, negara, dan peradaban tersebut. Maksud saya, semua orang, tidak ada pengecualian, punya peran dalam pendidikan.

Pendidikan bukan hanya tugas guru, dosen, kiai, ustadz, atau tokoh pendidikan lainnya. Pendidikan adalah tugas kita semua. Orang tua dapat berperan dalam pendidikan di keluarga. Tokoh masyarakat dapat berperan dalam pendidikan di masyarakat. Pedagang dan pengusaha dapat berperan dalam pendidikan di bidang ekonomi praktis. Sopir angkutan umum dapat berperan dalam pendidikan disiplin berlalu lintas. 

Aparatur sipil negara (ASN) atau pejabat negara dapat berperan dalam pendidikan birokrasi yang baik dan berkualitas. Politisi dapat berperan dalam pendidikan demokrasi yang beradab. Hakim dan pengacara dapat berperan dalam pendidikan ketaatan terhadap hukum dan keadilan. Penulis dapat berperan dalam mendidik para pembaca tulisannya. 

Bahkan masing-masing kita dapat berperan untuk mendidik diri kita masing-masing. 

*****

Penulis: Feri Noperman

___________________________________________________________

Komentar