Langsung ke konten utama

Filosofi Pendidikan


Jangan paksa aku tuk jadi pemenang
Apalagi untuk semua kompetisi atau semua pertandingan
Banyak hal yang menentukan
Termasuk takdir yang tak terelakkan

Bukan mauku dilahirkan di mana
Bukan salahku kalau DNA-ku tidak sempurna
Apa dayaku ketika tidak mendapat kesempatan yang sama
Apa kuasaku ketika mereka menutup semua pintu yang ada

Kalau engkau hendak berjasa
Paksalah aku untuk terus mencoba
Bimbinglah aku untuk terus belajar dari mana saja
Doronglah aku untuk berusaha secara luar biasa

Dan jangan lupa,
Ingatkanlah aku untuk tidak pernah menyerah

Tidak hanya itu,
Maklumilah aku tatkala membuat kesalahan
Luruskanlah aku ketika mulai menyimpang
Semangatilah aku sewaktu energiku mulai padam
Terimalah aku saat menunjukkan perbedaan

Hal yang paling penting dari semua itu adalah,
Nasihatilah aku untuk senantiasa bersyukur, bersabar, dan berserah
Sebab aku bukan Sang Maha Segalanya yang menjadi penentu titik akhirnya

Hanya itu yang kuminta dngan sungguh-sungguh
Semoga dapat membantuku untuk menjadi manusia yang utuh

Komentar